MAKASSAR, Kabar Selebes – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengumumkan bahwa mereka berhasil mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 17% selama periode Hari Raya Idulfitri 1445 H.
Selama Ramadan, Lebaran, dan libur setelahnya, perusahaan berhasil mempertahankan kualitas jaringannya dengan baik, melayani pelanggan dan masyarakat dengan lancar. Lonjakan trafik ini diperkirakan disebabkan oleh peningkatan penggunaan media sosial, aplikasi pesan singkat, dan aplikasi game mobile.
Desmond Cheung, Direktur dan Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, pelayanan yang kami berikan selama periode Hari Raya Idulfitri dan musim mudik menunjukkan komitmen kami untuk terus melayani pelanggan di segala situasi, termasuk selama Ramadan dan Lebaran.
“Komitmen kami terhadap ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ menjadi dasar kami untuk terus meningkatkan kualitas jaringan, tidak hanya di kota-kota besar, tetapi juga di wilayah pedesaan di seluruh Indonesia,” kata Desmond Cheung.
Desmond menegaskan bahwa kualitas jaringan yang mereka tawarkan memungkinkan pelanggan untuk menikmati layanan digital tanpa hambatan, seperti mengakses media sosial, berbagi pesan, dan bermain game online. Peningkatan penggunaan beberapa aplikasi oleh pelanggan, seperti TikTok, Instagram, dan YouTube, turut menyumbang pada lonjakan trafik data, dengan rata-rata peningkatan sebesar 24%. Sedangkan aplikasi game mobile seperti Mobile Legends, Free Fire, dan Call of Duty mencatat lonjakan trafik data tertinggi, dengan rata-rata peningkatan sebesar 95%.
Kualitas layanan ini didukung oleh infrastruktur jaringan berteknologi tinggi berbasis kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (machine learning), efisien dalam penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang handal. Indosat juga telah menambah 2.145 situs baru dan 38 BTS mobile (MBTS) untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan telekomunikasi pelanggan. Penambahan ini didukung oleh jaringan serat optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro serat optik untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.
Perusahaan juga menyiagakan lebih dari dua ribu personel yang bekerja 24 jam 7 hari baik di lapangan maupun di Pusat Operasi Jaringan Indosat (INOC) yang tersebar di seluruh Indonesia. Hasilnya, jumlah tiket aduan pelanggan mengalami penurunan sebesar 26% untuk IM3 dan 42% untuk Tri dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya.
Swandi Tjia, Kepala Circle Kalisumapa Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, peningkatan trafik yang tinggi di wilayah Sulawesi menjadi bukti dari keberhasilan kami dalam menyediakan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ di berbagai lokasi prioritas dan jalur mudik.
“Kami berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman digital yang luar biasa bagi pelanggan kami di Sulawesi,” jelas Swandi Tjia.***