Tutup
AdvetorialBuya Muhammad J Wartabone

Buya Dr. H. Muhammad J. Wartabone, S.Sos., S.H., S.E., M.H.I.: Keluarga Religius dan Silsilah hingga ke Raja Wartabone

×

Buya Dr. H. Muhammad J. Wartabone, S.Sos., S.H., S.E., M.H.I.: Keluarga Religius dan Silsilah hingga ke Raja Wartabone

Sebarkan artikel ini
Muhammad J. Wartabone bersama Pue Ratu Hindia binti Pue Lasadindi Mangge Rante

PALU, Kabar Selebes – Muhammad J. Wartabone lahir pada Hari Jumat tanggal 28 Oktober 1975. Ia merupakan anak kedua dari pasangan almarhum Jarudin bin Lamacca Wartabone dan Hajjah Lise S. Buu Sura. Tempat kelahirannya adalah Desa Salua, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Donggala (saat ini, akibat pemekaran wilayah, berada di Kabupaten Sigi), Provinsi Sulawesi Tengah.

Nama “Muhammad” merupakan nama yang diberikan oleh cucu Guru Tua, Habib Abdillah bin Muhammad al-Jufri, ketika berkunjung ke Kecamatan Kulawi untuk meresmikan pembukaan madrasah Alkhairaat di Desa Salua. Setelah menghadiri acara pembukaan, Habib Abdillah singgah untuk makan siang di kediaman almarhum Jarudin bin Lamacca Wartabone. Setelah jamuan makan siang inilah Habib Abdillah memberikan nama Muhammad, sesuai dengan nama salah seorang anak Guru Tua, yaitu Habib Muhammad bin ‘Idrus al-Jufri. Nama tersebut diberikan ketika Muhammad J. Wartabone masih berusia tiga bulan di dalam kandungan ibunya.

Advertising
Almarhum Jarudin (Om Lopu Guru Mengaji) bin Lamacca bin Ladjontjo bin La-Iboerahima bin Raja Wartabone (Lahir di Kelurahan Petobo, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah pada 5 Desember 1925 dan wafat di tempat yang sama pada 8 Oktober 2009)

Selain Muhammad, secara keseluruhan, pasangan almarhum Jarudin bin Lamacca Wartabone dan Hajjah Lise S. Buu Sura dikaruniai oleh Allah swt. enam orang anak, secara berurutan, antara lain: Sitti Aisyah (almarhumah), Muhammad J. Wartabone, Ibrahim (almarhum), Aminah Wartabone, Ismail (almarhum), dan A. Abubakar La-Iboerahima Wartabone.

Ayah Muhammad J. Wartabone, Jarudin bin Lamacca Wartabone, lahir pada malam Jumat tanggal 5 Desember 1925 di Kelurahan Petobo, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Sejak belia, Jarudin bin Lamacca Wartabone telah dikenalkan dengan ajaran Islam oleh ayahnya yang bernama Lamacca.

Lamacca menikah dengan perempuan dari Tanah Kaili asal Petobo bernama Yamalera binti Sumbangudu. Dari pernikahan ini lahir satu orang anak, yaitu Jarudin bin Lamacca Wartabone. Adapun Tamrin, Indowaru, Jasna, dan Asoria dari istri yang lain. Lamacca yang lahir pada tahun 1902 di Dolo Potoya, Kabupaten Donggala (sekarang: Kabupaten Sigi), merupakan anak dari Ladjontjo.

Ladjontjo menikah di Dolo Potoya dengan perempuan Kaili asal Desa Tulo, Kabupaten Donggala (sekarang: Kabupaten Sigi), yang bernama Renjoine binti Latapande. Pasangan ini dikaruniai sembilan anak, yaitu Incehani, Incepapu, Jahani, Lamacca, Sapia, Sadasia, Baiduri, Sohoria, dan Siti Saleha.

Ladjontjo, yang lahir di Ujuna pada tahun 1867, merupakan anak dari La- Iboerahima Wartabone. Oleh Kolonial Belanda (kompeni), La-Iboerahima Wartabone kerap disapa Kapitan Laut Iboerahim – sesuai dengan nama aslinya

yang berasal dari bahasa Arab: Ibrahim. Masyarakat suku Bugis memiliki kebiasaan untuk memberikan imbuhan “la” di depan nama anak yang dituakan, sehingga Ibrahim dikenal dengan sebutan La-Iboerahima Wartabone.

Demikianlah silsilah Muhammad J. Wartabone yang bersambung hingga ke Raja Wartabone melalui anak tertuanya, La-Iboerahima. Selain La-Iboerahima, Raja Wartabone memiliki sejumlah anak lainnya dari pernikahan dengan Hamida, salah satunya adalah Nuku Wartabone. Pahlawan Nasional dari Gorontalo, H. Nani Wartabone, berasal dari silsilah Nuku Wartabone (Walao Pulu) yang merupakan pangeran berikut keturunannya melalui anaknya yang bernama Zakaria Wartabone.

Pernikahan Zakaria Wartabone dengan Saera Mooduto dan beberapa istri yang lain dikarunuai 31 anak. 13 dari anak-anak tersebut laki-laki, antara lain Abdjul (Bapu Timuru), Ajoeba (Papa Endolo), Abd. Wahab (Bapu Since), Mansura, Dai (Bapu Hamira), Ramsei (Bapu Ramu), Adeno, Ahmadi, Tauna (Opa Seha), H. Nani Wartabone (Abd. Kadir alias Temey Jhonu), Amrouw, Aripu (Bapu Ari), dan Indesei (Bapu Inde). Adapun sisanya adalah anak-anak perempuan, antara lain Wadino (menikah dengan Kamaru), Wadira (menikah dengan Usman), Nuno (menikah dengan Datau), Saripa (menikah dengan Hippy), Joeli (menikah dengan Kamba), Amina (menikah dengan Tangahu), Tonino (menikah dengan Tangahu), Djaura (menikah dengan Djunaid), Hasania, Putiri (menikah dengan Abdullah al-Habsy), Adelina (menikah dengan Kinsal), Inta (menikah dengan Salote, Hadjira, Karlin, Onde, Gundu, Fatmah, dan Gulima.

H. Nani Wartabone yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai salah seorang pahlawan nasional lahir pada 30 April 1907 dan wafat pada Jumat, 3 Januari 1986. Ia menikah dengan Aysa Tangahu dan dianugerahi oleh Allah sembilan orang anak, antara lain Sarina Wartabone, Hanum Wartabone, Aroman Wartabone, Rasuna Wartabone, Fauzi Wartabone, Nony Wartabone, Doly Wartabone, Yos Wartabone, dan H. Jalaludin Wartabone.

Salah seorang anak dari H. Nani Wartabone, Aroman Wartabone, menikah dengan Hj. Tuti V. Gobel dan memiliki tujuh orang anak, di antaranya H. M. Kilat Wartabone, Fitriyani Wartabone, H. Moh. Kris Wartabone, Akbar Wartabone, Fajar Wartabone, Fara Wartabone, dan Fera Wartabone. Aroman Wartabone kemudian menikah lagi dengan Husna Kamba dan memiliki empat orang anak, yaitu M. Guntur Wartabone, Cahyani Wartabone, Bugani Wartabone, dan Teneliya Wartabone.

H. Moh. Kilat Wartabone (Aba Kilat) bersama Buya Muhammad J. Wartabone

H. Moh. Kris Wartabone (Aba Kuce) bersama istri dan Buya Muhammad J. Wartabone bersama istri

Kembali pada La-Iboerahima Wartabone. Di lingkungan kerajaan ayahnya, Bone Suwawa, Gorontalo, La-Iboerahima Wartabone dikenal dengan panggilan Talibu atau Te Ibu. Ia adalah anak pertama dari Raja Wartabone. Secara keseluruhan, Raja Wartabone memiliki lima orang anak, antara lain La-Iboerahima Wartabone, Hadidah Wartabone, Nino Wartabone, Nuku Wartabone, dan Mio Wartabone.

Meskipun berstatus sebagai putra mahkota, La-Iboerahima tidak tertarik untuk menjadi penerus kekuasaan ayahnya. Kapasitasnya sebagai salah seorang pengikut aliran dalam tradisi tasawuf Islam mengajarkan La-Iboerahima untuk menjauhkan dari hal-hal duniawi. Pada tahun 1812, mengikuti jejak ayahnya, La- Iboerahima memilih untuk meninggalkan kerajaan ayahnya untuk melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Sulawesi Tengah dalam rangka dakwah menyebarkan ajaran agama Islam.

Tidak seperti dai pada saat ini yang lazim menetap di satu daerah, para juru dakwah pada masa lalu umumnya berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lainnya dalam jangka waktu yang relatif panjang. Dalam menyebarkan ajaran Islam, La-Iboerahima pertama kali singgah di Pulau Ringgit (Una-Una), kemudia di Togean, lalu pindah ke Kerajaan Tompotika Luwuk, Makassar, Bungku, Bunta, Tojo, Batu Suya di Pantai Barat (Kabupaten Donggala), hingga di Kerajaan Bone Tatura Palu, Sulawesi Tengah. Jalur dakwah yang dipilih oleh La-Iboerahima Wartabone ini sesungguhnya mengikuti jejak ayahnya, Raja Wartabone, berdasarkan mandat Raja Bone XXII, Latenri Tappu Ahmad al-Shalih.

Ketika tiba di Palu, bermukim untuk mengajarkan agama Islam di daerah yang saat ini berada di Kota Palu, La-Iboerahima Wartabone disambut dan dinikahkan oleh ayah dari Pue Lasadindi (Mangge Rante) dengan perempuan Kaili bernama Roneama. Adapun Roneama memiliki saudara kandung, antara lain Latunau, Kamalo, Lanau, Donitora, Pudu, dan Sisiara. Roneama juga memiliki hubungan famili dengan ayah Pue Lasadindi yang bernama Yandala atau Yandara yang berasal dari Sindue. Buku cerita rakyat di Sulawesi Tengah menyebutkan bahwa ayahnya yang bernama Rampatan diberi gelar Rapotango yang berarti orang yang mengetahui rahasia tanah.

Dari pernikahannya dengan Roneama, La-Iboerahima dikaruniai lima orang anak, antara lain Ladjontjo, Jahia, Habasia, Susapalu, dan Sawasia. La-Iboerahima Wartabone wafat pada tanggal 7 September 1897 di Desa Dolo Potoya. Saat ini, makam beliau terletak di wilayah Pekuburan Umum Buli, Desa Potoya, Dusun III, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah.

Anak kedua La-Iboerahima Wartabone yang bernama Jahia, yang lahir di Ujuna, juga menikah di Dolo Potoya, Kabupaten Sigi, dengan Kontowua Rapa Lemba. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai empat anak, yaitu Rahani Lemba, Lahami Lembah, Lahudo Lemba, dan Maliha Lemba. Anak ketiga La-Iboerahima Wartabone, Habasia, menikah dengan Pue Labe Latonji. Mereka dianugerahkan lima anak, antara lain Yawasia Latonji, Sabalera Latonji, Djido Latonji, Tahido Latonji, dan Sahabudin Latonji. Keturunan dari pernikahan dengan Habasia atau yang dipanggil Tu’u/Yamamini pada umumnya tinggal di Jalan Tombolotutu, Kelurahan Talise, Kota Palu.

Anak keempat La-Iboerahima Wartabone yang bernama Susapalu dilahirkan bersamaan dengan runtuhnya Kerajaan Tatanga dan Bone Tatura di Kota Palu. Dalam kehidupannya, Susapalu empat kali menikah. Pernikahannya yang pertama dengan perempuan Kaili berasal dari Lasoani yang bernama Lera. Dari pernikahan ini, Susapalu dikaruniai seorang anak perempuan bernama Nari yang tinggal di Tatura. Dalam perjalanannya, Nari menikah dengan laki-laki asal Besusu, Kota Palu, bernama Halim Tembabula dan dikaruniai tujuh orang anak, antara lain Halim, Amir, Taha, Asnani, Udin, Hasna, dan Masli. Pernikahan kedua Susapalu dilangsungkan di Rarapadende, Dolo, Kabupaten Sigi, dengan perempuan setempat yang bernama Saridali. Dari pernikahan ini, mereka dianugerahkan enam orang anak, antara lain Lahasi, Cinaupa, Lagado, Lacare, Simi, dan Lapere. Setelah di Rarapadende, Susapalu menikah untuk ketiga kalinya dengan perempuan Balaroa, Kota Palu, yang bernama Andi. Mereka diberikan keturunan seorang anak perempuan bernama Yagaera. Ketika dewasa, Yagaera dinikahkan dengan Temba Lamatata. Dari pernikahan ini, Yagaera dan Temba Lamatata dikaruniai empat anak, yakni Asrudin T. Lamatata, Sahlan T. Lamatata, Rukizah (alm.), dan Ajis T. Lamatata. Adapun pernikahan Susapalu yang terakhir, keempat, juga dengan perempuan Balaroa yang bernama Cani. Dari pernikahannya yang terakhir ini, Susapalu dan Cani dianugerahkan lima orang anak, antara lain Djaha, Taha, Ama, Hamna, dan Latif.

Seperti keempat kakaknya, anak La-Iboerahima Wartabone yang terakhir, Sawasia, dilahirkan di Ujuna. Anak kelima La-Iboerahima Wartabone ini menikah dengan Abdul Wahit Toana dan dikaruniai seorang anak bernama Sahabudin Toana (alm) beserta delapan orang cucu, antara lain Gandi Toana, Rustam Toana, Hamsen Toana, Dei Toana, Busran Toana, Maryam Toana, Diaman Toana, dan Nikma Toana. Setelah bercerai dengan Abdul Wahit Toana, Sawasia menikah dengan Mantri Lekong di Dolo Potoya dan dikaruniai seorang anak perempuan bernama Indosima. Kelak, Indosima memiliki anak-anak, antara lain Asniar, Ati, Asman, Hasna, Fahrun, dan Alfia. Adapun pernikahan Sawasia yang ketiga adalah dengan Majadatun yang berasal dari Bora, Kabupaten Sigi. Mereka diberikan anugerah dua orang anak, yaitu Junudin dan Nahawia serta cucu-cucu yang bernama Asni, Usman, Jasmin, Udin, Idris, dan Asnimah.

Sebagaimana leluhurnya, Jarudin bin Lamacca Wartabone tumbuh di tengah keluarga religius sehingga mendapatkan pendidikan agama sejak di lingkungan keluarga. Di saat beranjak dewasa, ia menimba ilmu pada dua ulama terkemuka di Tanah Kaili. Guru pertama Jarudin bin Lamacca Wartabone adalah Pue Lasadindi atau, oleh masyarakat di Sulawesi Tengah, dikenal dengan Mangge Rante.

Pue Lasadindi (Mangge Rante)

Pue Lasadindi atau Mangge Rante lahir di Desa Enu, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, pada tanggal 6 September 1828. Ia dianugerahkan usia yang panjang hingga wafat pada 10 Oktober 1958 di Desa Randomayang, Kabupaten Pasang Kayu, Provinsi Sulawesi Barat. Sepanjang hidupnya, Pue Lasadindi dikenal sebagai ulama yang mengajarkan Islam di daerah Sindue serta aktif sebagai imam tetap di Masjid Enu. Diketahui, Pue Lasadindi mempelajari ilmu agama, bahasa Melayu, dan aksara Serang (aksara Arab berbahasa Bugis- Makassar) dari Pue Yodo Rajalangi. Ulama lokal terakhir ini menimba ilmu agama dari Pue Bula Ngisi atau Daeng Konda yang populer di masyarakat Tawaeli, karena pernah menjabat sebagai penasihat Raja Daesa Lembah. Adapun Daeng Konda, pada masa hidupnya, pernah mempelajari ilmu agama dan tasawuf dari ulama Nusantara terkemuka, yakni Syaikh Yusuf al-Makassari. Sanad keilmuan Syaikh Yusuf al-Makassari bersambung melalui dua gurunya yang merupakan ulama terkemuka, antara lain al-Habib ‘Abdullah bin ‘Alawi al-Haddad dan al-‘Allamah al- Habib Sayyid ‘Alwi Jalaluddin Bafagih.

Di luar aktifitas Pue Lasadindi sebagai ulama dan dai, sebagaimana ulama-ulama di abad ke-19 hingga abad ke-20, Pue Lasadindi mengajarkan syariat Islam ke berbagi daerah di sekitar Provinsi Sulawesi Tengah, terutama di kawasan Pantai Timur, di wilayah yang menjadi pusat tempat tinggal masyarakat suku Tajio dan Lauje. Mengingat usianya yang relatif panjang hingga memasuki era perjuangan kemerdekaan, Pue Lasadindi tercatat ikut aktif dalam perjuangan politik masyarakat di Sulawesi Tengah. Ia diketahui pernah bergabung sebagai anggota Sarekat Islam (SI) di Donggala. Aktifitas ini mendorong Pue Lasadindi membentuk laskar perjuangan dan terlibat di dalam gerakan-gerakan anti-kolonial, seperti di dalam Perlawanan Kayu Malue (1888), Perlawanan Tovoa Langi di Kulawi (1905), Perang Sojol (1904), Perlawanan Kolomboy di Tojo Una-Una (1926), hingga perjuangan Tanjumbulu di Tojo Una-Una dan Poso (1942).

Muhammad J. Wartabone bersama Pue Ratu Hindia binti Pue Lasadindi Mangge Rante

Setelah mempelajari ajaran-ajaran Islam kepada Pue Lasadindi, Jarudin bin Lamacca Wartabone melanjutkan pendidikan agamanya pada Madrasah Alkhairaat di bawah asuhan Sayyid ‘Idrus bin Salim al-Jufri atau Guru Tua (w. 1969). Sebagaimana para alumni Alkhairaat generasi awal, Jarudin bin Lamacca Wartabone diberikan amanat oleh Guru Tua untuk membuka sekaligus membina madrasah-madrasah Alkhairaat di Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, bersama sahabatnya, Ustaz H. Sa’id bin ‘Awadh ‘Abdun (w. 2005). Oleh masyarakat di Kulawi, Jarudin bin Lamacca Wartabone akrab dikenal Om Lopu Guru Mengaji.

Ustaz H. Sa’id bin ‘Awadh ‘Abdun (Lahir di Pelawa, Kabupaten Parigi Mautong, Provinsi Sulawesi Tengah pada 5 Maret 1920 dan wafat di Palu pada 1 Juli 2006)

Di tengah pengabdiannya di tempat tersebut, Jarudin bin Lamacca Wartabone menikah dengan Hajjah Lise S. Buu Sura yang berasal dari Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Dari pernikahan ini, Jarudin bin Lamacca Wartabone dikaruniai enam orang anak, di mana Muhammad J. Wartabone merupakan salah seorang di antaranya. Jarudin bin Lamacca Wartabone mengabdikan dirinya untuk menjalankan amanat Guru Tua di desa-desa pada Kecamatan Kulawi selama dua tahun, yaitu sejak tanggal 25 Maret 1960 hingga tahun 1962. Aktifitasnya membina madrasah Alkhairaat serta mengajarkan agama bagi masyarakat Desa Kulawi terhenti akibat sakit yang ia derita selama enam bulan.

Di kala sakit inilah ayahanda Muhammad J. Wartabone melewati suatu pengalaman spiritual yang sangat berarti lewat mati suri selama 12 jam. Dalam kondisi mati suri inilah Allah swt. memberikan pengungkapan rahasia ilahiah (bashirah) kepada Jarudin bin Lamacca Wartabone dengan membawa arwahnya ke dalam suatu perjalanan spiritual ditemani oleh seorang Pemandu yang tidak ia kenali.

Di dalam perjalanan tersebut, Jarudin bin Lamacca Wartabone diajak untuk melihat jembatan yang harus dilewati oleh setiap manusia pada Hari Perhitungan nanti. Dari Sang Pemandu, Jarudin bin Lamacca Wartabone mengetahui bahwa jembatan tersebut adalah Shirat al-Mustaqim yang disebutkan di dalam Alquran di dalam Surah al-Fatihah. Pada kesempatan itu Jarudin bin Lamacca Wartabone diperlihatkan bagaimana para pendosa tidak dapat melewati jembatan tersebut, tersiksa hingga mati, dihidupkan, dan disiksa kembali. Ia juga melihat bagaimana perempuan-perempuan mengalami siksaan serupa akibat melakukan aborsi ketika masih hidup di dunia.

Setelah melihat siksaan-siksaan yang dialami oleh manusia yang tidak mengikuti tuntunan Allah swt., Jarudin bin Lamacca Wartabone lantas diajak oleh Sang Pemandu untuk melewati Shirat al-Mustaqim. Sebelum melewati jembatan tersebut, Sang Pemandu bertanya, “Apa yang akan kau ucapkan agar selamat melewati jembatan Shirat al- Mustaqim?” Jarudin bin Lamacca Wartabone menjawab, “Dengan kalimat Asyhadu an la ilaha illa Allah wa asyhadu anna Muhammadan Rasulullah”.

Jarudin bin Lamacca Wartabone terus mengulang-ulangi kalimat dua syahadat di atas hingga selamat di dalam perjalanannya melewati Shirat al-Mustaqim. Di seberang jembatan, Jarudin bin Lamacca Wartabone tiba-tiba memasuki sebuah ruang yang gelap gulita. Ia meraba di sekeliling ruangan tersebut dan mendapati tembok-tembok yang basah. Ketika tangannya menemukan pintu, Sang Pemandu memperingatkannya, “Jangan membuka pintu itu!” Akan tetapi, dipicu oleh rasa penasaran, Jarudin bin Lamacca Wartabone mendorong pintu tersebut hingga terbuka. Seketika, ia terdorong keluar dan terjatuh. Di saat itulah ia terbangun lalu tersadarkan dari mati surinya. Jarudin bin Lamacca Wartabone segera menceritakan pengalaman spiritualnya tersebut kepada ibundanya, Yamalera binti Sumbangudu, yang senantiasa mendampingi jasad Jarudin bin Lamacca Wartabone ketika mati suri.

Beberapa bulan berikutnya, Jarudin bin Lamacca Wartabone kembali bermimpi tentang Nabi Musa a.s. Dalam mimpi itu, Jarudin bin Lamacca Wartabone diberikan tuntunan tentang prinsip-prinsip untuk istikamah dan tegas dalam menegakkan ajaran agama, sebagaimana yang ditunjukkan oleh Nabi Musa a.s. di dalam kehidupannya. Selain tuntunan hidup, dalam mimpi tersebut, Nabi Musa a.s. juga mengajarkan Jarudin beberapa doa-doa, salah satunya adalah doa untuk memindahkan jalur aliran yang biasa dilalui air sungai. Ketika banjir melanda Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Jarudin bin Lamacca Wartabone mengamalkan doa tersebut untuk menghalau aliran air sungai yang mengarah ke rumah sahabatnya, Ustaz Sa’id bin ‘Awadh ‘Abdun.

Setelah sembuh dari sakitnya, Jarudin bin Lamacca Wartabone meninggalkan Desa Kulawi dan memilih untuk menjadi guru mengaji Alquran yang berkeliling ke berbagai tempat. Daerah pertama yang ia singgahi adalah Tompi Bugis, Kecamatan Kulawi. Di desa ini, Jarudin bin Lamacca Wartabone membuka taman pengajian Alquran dan mengajarkan nilai-nilai serta ajaran agama kepada penduduk setempat selama empat tahun (1964-1968). Setelah itu, ia pindah ke Desa Salua, Kecamatan Kulawi. Di desa ini, Jarudin bin Lamacca Wartabone juga membuka taman pengajian Alquran dan mengabdi selama tujuh tahun (1968- 1975).

Jarudin bin Lamacca Wartabone pindah ke Desa Sidondo pada tahun 1979,. Di desa yang kini menjadi kecamatan tersendiri di wilayah Kabupaten Sigi itu Jarudin bin Lamacca Wartabone mengabdi selama delapan tahun (1979-1987) demi kemaslahatan masyarakat setempat. Dari Desa Sidondo, Jarudin bin Lamacca Wartabone hijrah ke Desa Sioyong, kawasan Pantai Barat, Kabupaten Donggala. Seperti juga pada desa-desa sebelumnya, ia mengajarkan agama kepada penduduk Sioyong serta membuka taman pengajian Alquran. Namun, berbeda dengan desa-desa sebelumnya, di Sioyong, Jarudin bin Lamacca Wartabone hanya tinggal selama tiga tahun (1989-1992).

Pada tahun 1992, Jarudin bin Lamacca Wartabone melakukan perjalanan ke Pulau Jawa untuk mengantarkan anak laki-lakinya yang pertama, Muhammad J. Wartabone, untuk merantau sekaligus menimba ilmu agama sebagai santri di Pondok Pesantren Daruttauhid, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Pilihan Jarudin bin Lamacca Wartabone untuk memasukkan anaknya di pesantren ini tidak datang dengan tiba-tiba, karena, meski terpisah oleh pulau, pendiri Pesantren Daruttauhid pada dasarnya merupakan murid Guru Tua sekaligus adik dari sahabatnya ketika mengabdi di Desa Kulawi, Ustaz H. Sa’id bin ‘Awadh ‘Abdun.

Setelah mendaftarkan Muhammad J. Wartabone untuk nyantri dari Kota Malang, Jarudin bin Lamacca Wartabone kemudian pindah ke wilayah Pantai Timur, tepatnya di Desa Kayu Agung, Kabupaten Parigi Mautong. Di sini, Jarudin bin Lamacca Wartabone menghabiskan waktu dua tahun (1992-1994) untuk tujuan yang sama dengan tempat-tempat yang telah ia singgahi sebelumnya. Selain mengajarkan agama dan mengaji Alquran, di Kayu Agung, Jarudin bin Lamacca Wartabone turut mengislamkan lima orang warga setempat.

Pada penghujung masa pengabdiannya di Kayu Agung, Jarudin bin Lamacca Wartabone sempat bermimpi melihat bulan purnama yang jatuh ke arahnya. Dengan sigap, ia menangkap bulan jatuh tersebut dengan tangan kanannya. Ketika terjaga dari tidurnya, Jarudin bin Lamacca Wartabone segera berwudu dan melaksanakan salat malam dua rakaat. Dengan mengikuti tuntunan agama mengenai waktu-waktu di kala doa dikabulkan oleh Allah swt., Jarudin bin Lamacca Wartabone tidak lupa menyisipkan doa di akhir sujudnya agar Allah swt. senantiasa memberikan hikmah kepada keluarganya dan memberikan karunia bagi anak-anaknya hingga dapat menjadi anak-anak yang saleh serta senantiasa berbakti kepada kedua orang tua mereka.

Setelah menunaikan tugasnya di kawasan Pantai Timur, Jarudin bin Lamacca Wartabone kembali ke wilayah Kabupaten Sigi dan membuka taman pengajian Alquran di Dusun Perumahan Kodim Rantekala. Setelah itu, ia pindah ke Lompio, Desa Bora, dan terus mengabdi di daerah ini hingga tahun 2004.

Meski saat itu ia telah berusia 79 tahun, semangatnya dalam menyebarluaskan ajaran agama di tengah masyarakat sama sekali tidak surut. Pada usia tersebut, Jarudin bin Lamacca Wartabone memutuskan untuk kembali ke tanah kelahirannya di Kelurahan Petobo, Kota Palu, guna mewujudkan cita-cita yang lebih besar, yaitu mendirikan pusat kegiatan keislaman (Islamic center) di atas lahan yang telah ia siapkan di Kelurahan Petobo dan di Desa Bora, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Jarudin bin Lamacca Wartabone memulai cita-cita ini dari bawah, yaitu dari taman pengajian Alquran di tempat tinggalnya.

Pada tanggal 8 Oktober 2009, Allah swt. memanggil Jarudin bin Lamacca Wartabone untuk menghadap kepada-Nya. Meski belum sempat melihat Islamic Center yang ia cita-citakan, salah seorang anaknya yang telah ia persiapkan, Muhammad J. Wartabone, berupaya mewujudkan niat mulia tersebut dengan membangun tiga jenis lembaga pendidikan di Petobo, yaitu SMK Islamic Center, Pesantren Ribath Istiqlal berbasis kejuruan di Sulawesi Tengah, dan SMP Islamic School Palu. Pada 28 September 2018, bangunan-bangun dari ketiga lembaga pendidikan ini hancur akibat gempa bumi dan likuifaksi.

Salah satu bangunan di lembaga pendidikan yang dirintis oleh Muhammad J. Wartabone di Kelurahan Petobo, Kota Palu. yang rusak berat akibat bencana alam (gempa bumi dan likuifaksi) pada 28 September 2018

Atas akibat dari becana alam tersebut, Muhammad J. Wartabone tidak putus asa untuk mewujudkan cita-cita mulai dari ayahnya. Saat ini, Muhammad J. Wartabone telah mewakafkan tanah seluas 25 hektare dan merintis kembali pembangunan Islamic Center di Lompio, Desa Bora, Kecamatan Sigi Kota, Kabupaten Sigi. (adv)

Silakan komentar Anda Disini….