Tutup
Internasional

Indonesia Terpilih sebagai Anggota Dewan Eksekutif UNESCO 2023-2027 di Paris

×

Indonesia Terpilih sebagai Anggota Dewan Eksekutif UNESCO 2023-2027 di Paris

Sebarkan artikel ini
Indonesia berhasil terpilih sebagai anggota Dewan Eksekutif UNESCO periode 2023-2027 dalam pemilihan yang berlangsung di Konferensi Umum UNESCO ke-42 di Markas Besar UNESCO di Paris, Prancis pada tanggal 15 November 2023. (Foto: ist)

PARIS, Kabar Selebes – Indonesia berhasil terpilih sebagai anggota Dewan Eksekutif UNESCO periode 2023-2027, dalam Konferensi Umum UNESCO ke-42 yang berlangsung di Markas Besar UNESCO di Paris, Prancis pada 15 November 2023.

Pemilihan ini melibatkan persaingan sengit di Kelompok Regional IV, di mana Indonesia bersaing dengan delapan negara lain di kawasan Asia Pasifik untuk memperebutkan enam alokasi kursi Dewan Eksekutif.

Advertising

Dalam pengumuman hasil pemilihan, Indonesia meraih dukungan suara dari 154 negara, menempati posisi tertinggi kedua di Kelompok IV.

Selain Indonesia, negara-negara kawasan Asia-Pasifik yang terpilih sebagai anggota Dewan Eksekutif untuk periode yang sama adalah Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Korea Selatan, dan Australia.

Terpilihnya Indonesia sebagai anggota Dewan Eksekutif yang ke-8 kalinya sejak bergabung dengan UNESCO pada tahun 1950 mencerminkan kepercayaan dunia internasional terhadap kontribusi signifikan Indonesia dalam memajukan isu kebudayaan, pendidikan, ilmu pengetahuan, serta komunikasi dan informasi di tingkat global.

Sebagai anggota Dewan Eksekutif, Indonesia diharapkan dapat berperan aktif dalam merumuskan kebijakan dan pengambilan keputusan strategis terkait program-program dan kebijakan UNESCO.

Dewan Eksekutif juga memiliki peran penting dalam mengawasi pelaksanaan program UNESCO, memastikan penggunaan anggaran organisasi yang efisien, dan bertanggung jawab atas implementasi kebijakan bersama seluruh negara anggota UNESCO.

Dalam sambutannya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis, Andorra, Monako, Mohamad Oemar, yang juga Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, menyampaikan terima kasih kepada negara-negara anggota UNESCO atas dukungan tak tergoyahkan.

Oemar menegaskan komitmen Indonesia untuk berkontribusi aktif dalam berbagai bidang fokus UNESCO, termasuk pendidikan, ilmu pengetahuan, kebudayaan, serta komunikasi dan informasi.

Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan salah satu negara paling beragam, “Indonesia memiliki komitmen proaktif terhadap perdamaian dan pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia,” kata Oemar.

Keberlanjutan komitmen ini menjadi poin kunci dalam kontribusi Indonesia untuk mencapai tujuan-tujuan bersama dalam kerangka UNESCO.

Dewan Eksekutif merupakan salah satu governing bodies terpenting UNESCO setelah Konferensi Umum.

Untuk periode 2023-2027, Indonesia akan menjadi bagian dari kelompok negara anggota Dewan Eksekutif yang terdiri dari 58 negara dari 6 Kelompok Regional.***

Silakan komentar Anda Disini….