Tutup
Politik

Fraksi NasDem minta Pemerintah Sulteng fokus pada infrastruktur, berantas narkotika dan UMKM

×

Fraksi NasDem minta Pemerintah Sulteng fokus pada infrastruktur, berantas narkotika dan UMKM

Sebarkan artikel ini
Fraksi NasDem yang diwakili oleh Adi Pitoyo menyerahkan pandangan umum fraksi kepada Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Hj. Nilam Sari Lawira.(Foto: Nasdem Sulteng)

PALU, Kabar Selebes – Dalam rangka penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi, DPRD Provinsi Sulawesi Tengah menggelar rapat paripurna pada masa persidangan ke III tahun ke empat di ruang sidang utama DPRD Sulteng, Selasa (5/9/2023).

Rapat paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Hj. Nilam Sari Lawira, SP., MP, dan dihadiri oleh seluruh anggota DPRD Sulteng serta sejumlah pimpinan perangkat daerah.

Advertising

Pandangan umum dimulai dengan Fraksi NasDem yang diwakili oleh Adi Pitoyo. Fraksi NasDem mengapresiasi sambutan Gubernur Sulawesi Tengah terkait nota keuangan atas rancangan peraturan daerah provinsi Sulawesi Tengah tentang perubahan APBD tahun anggaran 2023.

Fraksi NasDem menyoroti beberapa aspek, di antaranya adalah sektor infrastruktur. Mereka meminta pemerintah Provinsi untuk lebih memfokuskan pembangunan jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi daripada jalan yang menjadi kewenangan pemerintah Kabupaten/Kota. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan sistem irigasi yang ada guna mendukung pertanian petani.

“Irigasi merupakan salah satu komponen penting bagi para petani untuk mengairi sawah. Oleh karena itu, Fraksi NasDem berharap agar pemerintah provinsi dapat memperhatikan sejumlah irigasi yang terdapat di kabupaten Poso seperti Bendung Puna Kiri yang mengairi sawah seluas 1700 hektar,” kata Adi Pitoyo.

Selain itu, fraksi ini juga mengingatkan akan perjuangan melawan penyalahgunaan narkotika di Sulawesi Tengah yang semakin berat. Sulawesi Tengah menduduki peringkat ke-4 dalam jumlah pengguna narkoba di Indonesia. Fraksi Nasdem menekankan bahwa masalah ini telah merambah dari perkotaan hingga ke pedesaan dan menjadi ancaman serius bagi generasi masa depan bangsa.

“Pengguna narkoba tidak terbatas pada masyarakat perkotaan saja, namun merambah sampai di pedesaan. Hal ini merupakan ancaman yang serius bagi kita semua. Karena narkotika dapat merusak generasi yang menjadi masa depan bangsa. Oleh sebab itu, pemerintah provinsi diharapkan harus lebih serius menyikapi masalah ini,” lanjut Adi Pitoyo.

Selain itu, fraksi NasDem juga mendorong pemerintah provinsi untuk terus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi dengan memberikan stimulasi dan pembinaan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berada di Sulawesi Tengah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Dra. Novalina, MM, mewakili Gubernur dalam memberikan jawaban atas pandangan umum fraksi.

Dia mengucapkan terima kasih atas semua tanggapan, saran, dan masukan yang telah diberikan kepada pemerintah provinsi Sulteng. Semua saran dan masukan tersebut akan menjadi perhatian dan akan dibahas lebih lanjut.***

Silakan komentar Anda Disini….