Tutup
Sulawesi Tengah

Jelang Mudik Lebaran, KSOP Teluk Palu siapkan empat armada kapal

×

Jelang Mudik Lebaran, KSOP Teluk Palu siapkan empat armada kapal

Sebarkan artikel ini
KM Sabuk Nusantara 89 dipadati penumpang (Foto: Abdee Mari)

KabarSelebes.com – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Palu, Provinsi Sulawesi Tengah menyiapkan empat armada kapal untuk melayani penumpang yang akan melakukan mudik Lebaran 2023.

“Untuk potensi armada yang nantinya disiapkan dalam rangka mudik Lebaran tahun ini, di Pelabuhan Teluk Palu itu ada empat. Dua kapal dioperasikan oleh PT Pelni, dan dua kapal lainnya oleh operator swasta,” kata Kepala KSOP Teluk Palu Mursidi seperti dikutip ANTARA, Rabu.

Advertising

Mursidi mengatakan empat kapal yang telah disiapkan untuk mengangkut calon penumpang yang akan mudik yaitu KM Lambelu, KM Labobar serta KM Sabuk Nusantara 39, dan KM Sabuk Nusantara 89 yang kedua kapal tersebut merupakan kapal perintis.

Sementara itu, kata dia, untuk pelabuhan yang akan beroperasi di Pelabuhan Teluk Palu sendiri ada dua yakni Terminal Pantoloan dan Terminal Donggala.

Ia menjelaskan untuk kapasitas penumpang yang disiapkan oleh KM Labobar sebanyak 4.593 orang, KM Lambelu 3.326 orang, KM Sabuk Nusantara 39 400 orang, dan KM Sabuk Nusantara 89 sebanyak 509 orang.

Menurut dia, tingginya lonjakan penumpang akan terjadi pada hari Kamis tanggal 13 April 2023, dan hari Minggu tanggal 16 April 2023.

“Melihat dari jadwal kapal, prediksi tertinggi melonjaknya penumpang akan terjadi di tanggal 13 dan 16 April dengan rute tujuan Balikpapan – Surabaya karena menggunakan kapal besar yakni KM Labobar dan KM Lambelu,” ujarnya.

Dia juga mengimbau kepada calon penumpang untuk membeli tiket melalui aplikasi resmi jasa angkutan laut dari jauh hari sehingga dapat mengurangi resiko antrian tinggi di loket-loket penjualan tiket kapal.

Selain itu, dia meminta calon penumpang untuk masih mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat perjalanan dan mematuhi aturan perjalanan dengan telah melakukan vaksinasi minimal vaksin dua atau booster.(ANT)

Silakan komentar Anda Disini….