Tutup
PilihanSulawesi Tengah

Miris, Festival Budaya Moraa Tojo Unauna hanya Dibuka Kadis Pendidikan Sulteng

×

Miris, Festival Budaya Moraa Tojo Unauna hanya Dibuka Kadis Pendidikan Sulteng

Sebarkan artikel ini

AMPANA, Kabar Selebes – Pembukaan Festival Budaya Moraa di Desa Uekuli Kecamatan Tojo Sabtu (22/10/2022) tak dihadiri Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura. Festival yang masuk agenda daerah itu ternyata hanya dibuka dan dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sulawesi Tengah Yudiawati V.  Windarrusliana.

Dalam sambutan tertulis yang dibaca kan Kadis Dikbud Sulteng, Gubernur mengatakan bahwa festival budaya ini merupakan  ajang pelestarian budaya dan kepariwisataan Daerah berbasis kearifan lokal seni dan budaya yang ada di Sulawesi Tengah khususnya yang ada di Tojo Unauna .

Advertising

Gubernur juga berharap penyelenggaraan festival budaya seperti ini kedepan akan dilakukan di setiap Kabupaten Kota se Sulawesi Tengah dan menjadikan brand budaya dari masing masing Daerah sebagai identitas daerah.

Bupati Tojo Unauna Muhammad Lahay berharap Festival Budaya Moraa menjadi Warisan Budaya Indonesia.

Bupati Tojo Unauna menjelaskan bahwa Kabupaten Tojo Unauna merupakan Kabupaten yang dimekarkan dari induk Kabupaten Poso pada Tahun 2003.

Dengan jumlah penduduk 166.339 Jiwa, ada dua belas kecamatan, yang terbagi di wilayah daratan, enam kecamatan dan wilayah kepulauan enam kecamatan dan terdiri dari 134 Desa serta ada dua belas kelurahan.

“Harapan kami, Festival Budaya Moraa ini menjadi ajang pertemuan masyarakat dan mempererat tali silaturahmi,” tandas Muhammad Lahay.

Festival Budaya Moraa secara resmi dibukan oleh  Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sulawesi Tengah Yudiawati V.  Windarrusliana yang mewakili Gubernur didampingi Bupati dan Wakil Bupati Tojo Unauna serta perwakilan Dirjen Kementerian Pariwisata.(shl)

Berikut Foto – foto :

Laporan : Saiful Hulungo

Silakan komentar Anda Disini….