Tutup
Sulawesi Tengah

Dongkrak Angka Partisipasi, BPS Sulteng Targetkan Seluruh ASN Lakukan Sensus Penduduk Secara Online

×

Dongkrak Angka Partisipasi, BPS Sulteng Targetkan Seluruh ASN Lakukan Sensus Penduduk Secara Online

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Untuk membantu menaikkan angka partisipasi, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tengah menargetkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sulteng melakukan Sensus Penduduk (SP) secara online.

“Sensus penduduk online tersebut akan berakhir pada 31 Maret 2020 mendatang dan akan dilanjutkan dengan sensus penduduk wawancara pada bulan April hingga Juni 2020,” kata Kepala BPS Sulteng, Dumangar Hutauruk, pada Jumat (13/3/2020).

Advertising

Menurut Dumangar, target untuk ASN itu dinilai sangat strategis untuk mendongkrak angka partisipasi SP online, dengan upaya sosialisasi dan imbauan dari kepala daerah.

“Kami menargetkan seluruh ASN, dan kami akan kerahkan seluruh kemampuan kami untuk menggugah para ASN sehingga mereka melakukan SP secara online, untuk guna membantu menaikkan angka partisipasi,”ujarnya.

Menurutnya, BPS optimis akan maksimal terlaksana dan memberikan sumbangsi signifikanterhadap target 19 persen dari jumlah penduduk Sulteng di 13 Kabupaten dan Kota.

“Sehingga itu kami tetap mengoptimalkan sosialisasi khususnya di kalangan milenial yang kesehariannya bersentuhan dengan gadget, karena bisa diakses melalui itu,”katanya.

Meski demikian, ia tidak menampik, bahwa sampai dengan saat ini partisipasi SP online masih sangat minim. Data terakhir yang Dumangar sampaikan pekan ini yakni tingkat partisipasi berada pada angka 40 persen dari target yang 19 persen.

“Ini memiliki alasan, keterbatasan akses internet hingga ke pelosok menjadi satu dari sekian yang  menjadi kendala,”ungkapnya.(abd/rkb)

Laporan : Rifaldy Kalbadjang

.

.

Silakan komentar Anda Disini….