Tutup
Sulawesi Tengah

Ditunjuk Jadi RS Rujukan, RSUD Anutapura Palu Langsung Gelar Simulasi Penanganan Corona

×

Ditunjuk Jadi RS Rujukan, RSUD Anutapura Palu Langsung Gelar Simulasi Penanganan Corona

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Setelah ditunjuk sebagai Rumah Sakit rujukan bagi pasien yang terindikasi Covid-19 atau virus corona di Sulawesi Tengah, sejak Senin (2/3/2020) kemarin RSU Anutapura Palu langsung membentuk tim untuk menggelar simulasi.

Simulasi tersebut digelar pada Rabu (4/3/2020) pagi dengan melibatkan beberapa petugas rumah sakit yang dijadikan sebagai pasien.



Selain itu sebanyak tujuh orang dokter spesialis RSU Anutapura Palu juga ikut berperan dalam simulasi yang digelar tersebut.

Para dokter spesialis yang akan menangani para pasien Covid-19 tersebut untuk RSU Anutapura sendiri yakni dokter spesialis paru satu orang yang juga sebagai ketua tim, dokter spesialis penyakit dalam empat orang, dokter spesialis radiologi dan dokter laboratorium.

“Terkait peralatan medis untuk penanganan pasien yang terindikasi Covid 19 dari pihak Rumah Sakit sudah menyiapkannya semua,” kata Direktur Utama RSU Anutapura Palu, Hery Mulyadi.

Ia juga mengatakan yang menjadi kendala sebelum menggelar simulasi tersebut yaitu ruangan isolasi, akan tetapi semua sudah bisa teratasi dengan baik.

“Pascabencana 28 September 2018 lalu, bangunan rumah sakit Anutapura ini mengalami kerusakan salah satunya ruangan isolasi,”katanya.

Sehingga itu ruangan IGD yang lama dimanfaatkan sebagai ruangan isolasi yang baru untuk menampung pasien yang terindikasi Covid-19.

Sementara kapasitas ruangan yang di siapakan pihak rumah sakit tersebut bisa menampung sekitar 12 orang pasien.

“Alhamdulillah peralatan sudah lengkap, cuma kemarin kendala di ruangan isolasi yang hancur karena gempa, tetapi rumah sakit harus siap karena negara sudah menunjuk,” kata Hery Mulyadi.(Ifal/Adi Pranata/mg)

Silakan komentar Anda Disini….