Tutup
Sulawesi Tengah

Polsek Bahodopi Amankan Sejumlah Anak Remaja Balap Liar

×

Polsek Bahodopi Amankan Sejumlah Anak Remaja Balap Liar

Sebarkan artikel ini

MOROWALI, Kabar Selebes – Masyarakat di Desa Bahodopi, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, melaporkan adanya kegiatan balap liar yang dilakukan sekelompok anak remaja di Jalan Perumahan BTN Soliu, Minggu (1/3/2020).

Kapolsek Bahodopi, Zulfan, menerima laporan sekitar pukul 16.40 wita, dan langsung ditanggapi dengan memerintahkan Kanit Sabhara, Amir, bersama 7 personil mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan razia.

Advertising

“Adapun jumlah anak remaja yang melakukan kegiatan balap liar, yaitu pelajar SMA 5 orang, pelajar SMP 9 orang, dan tidak sekolah 2 orang,” sebut Zulfan.

Untuk kendaraan yang diamankan, yaitu roda dua berjumlah 14 unit. 7 unit menggunakan knalpot bogar dan tidak memiliki surat-surat kendaraan, dan 7 unit menggunakan knalpot standar tidak dilengkapi surat-surat kendaraan.

“Pukul 17.00 wita seluruh anak remaja dan kendaraan roda dua yang terlibat balap liar diamankan di kantor Polsek Bahodopi,” jelasnya.

Dikatakan Zulfan, terhadap anak remaja dilakukan pendataan, melalui Forkopimca serta unsur yang ada membantu menghubungi orang tua masing-masing, serta membuat pernyataan yang disaksikan orang tua masing-masing dan diketahui Kepala Desa.

Untuk seluruh kendaraan roda dua yang diamankan, agar dilengkapi surat-surat dan kelengkapan kendaraan, dan untuk roda dua yang memakai knalpot bogar agar diganti degan knalpot asli.

“Kegiatan balap liar sebagian besar anak di bawah umur, dan akan membahayakan pelaku balap liar, penonton dan masyarakat yang melintas,” ungkapnya.

“Kegiatan balap liar banyak warga masyarakat yang terganggu, dikarenakan kegiatan balap liar di jalan BTN Desa Bahodopi,” katanya lagi.

Olehnya, Zulfan menghimbau, agar para pemuda tidak turut serta dalam aktivitas balap liar. Selain melanggar hukum, balap liar sangat menganggu warga yang lain. Olehnya, para pemuda diajak untuk melakukan hal-hal yang positif.

“Kegiatan balap liar ini sangat membahayakan pelaku, bahkan penonton, karena tidak dilengkapi dengan prosedur keselamatan yang baik,” ungkapnya.

Yang mengadukan kegiatan balap liar adalah orang tua dari salah satu anak yang melakukan balap liar, dan diamankan oleh Polsek Bahodopi pada Minggu petang. (Ahyar)

Silakan komentar Anda Disini….